Friendship | Writing | Reading | Learning | Joking | Smiling | Laughing | Comfortable
Tentang Kami
Foto saya
Grup Cafe Rusuh merupakan suatu ruang lingkup tempat di mana para anggotanya bisa berbagi tentang segala hal. Kata "Rusuh" sendiri merupakan kependekan dari "Ruang suasana hati". Sebagai sebuah grup, Cafe Rusuh menjadi sebuah jembatan di mana persahabatan, kekeluargaan dan silaturahmi antara sesama anggotanya tetap terjaga. Selain itu, Cafe Rusuh juga memberikan kebebasan kepada para anggotanya untuk berbagi tentang segala hal seperti puisi, cerita, esai, tips-tips dan info-info yang bermanfaat bagi para anggotanya.

Jumat, 06 Mei 2011

Klub Jurnalistik Sekolah

Oleh : Tri Nugrohoo

Salah seorang teman bertanya pada grup Café Rusuh mengenai hal yang harus dipersiapkan bila ingin mendirikan klub jurnalistik. Kebetulan dia berkeinginan untuk mendirikan klub jurnalistik di sekolahnya. Dan kebetulan juga, saya dulu waktu SMU adalah wapimred di majalah sekolah. Maka saya hendak berbagi pengalaman, CMIIW.
Hal pertama adalah ijin pihak sekolah. Itu adalah hal mutlak yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Buat proposal ke kepala sekolah untuk ijin mendirikan klub tersebut.
Selanjutnya bila izin dari sekolah sudah turun, tentu mencari tenaga pengajarnya dong… cari yang anggota wartawan atau mahasiswa jurusan komunikasi. Kalo punya kenalanan mahasiswa yang ber-UKM di media kampus bisa juga dimintai tolong sebagai pengajar. Kalo misal guru matpel ada yang bisa, bisa juga meminta tolong pada beliau.
Pada umumnya, struktur dalam sebuah ekstrakulikuler adalah sebagai berikut:
1. penanggung jawab                     : kepsek
2. penasehat                                   : Guru Bahasa
3. Pimred                                         : 1 orang
4. Wapimred                                    : 1  orang
5. Editor                                           : 1 orang
6. Layouter                                      : 1 orang
7. reporter                                       : XX orang
Dsb.
Karena jurnalistik sekolah identik dengan penerbitan sebuah majalah sekolah, maka AD/ART juga perlu disusun. Karena, berdasarkan dari hal itu barulah bisa disusun tentang format media, apakah madding saja atau majalah bulanan, dwi bulanan, tri bulan dst. Oplahnya, dananya dari mana, apakah boleh memasukkan iklan dan hal-hal teknis lainnya.
Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah ruang arsip (bisa juga dalam bentuk digital), seperangkat computer, tape recorder bila diperlukan (namun lebih baik jika tulis tangan aja).
Demikian idealnya bila ingin membuat klub jurnalis. Kurang lebihnya mohon maaf bila ada salah-salah kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar