Friendship | Writing | Reading | Learning | Joking | Smiling | Laughing | Comfortable
Tentang Kami
Foto saya
Grup Cafe Rusuh merupakan suatu ruang lingkup tempat di mana para anggotanya bisa berbagi tentang segala hal. Kata "Rusuh" sendiri merupakan kependekan dari "Ruang suasana hati". Sebagai sebuah grup, Cafe Rusuh menjadi sebuah jembatan di mana persahabatan, kekeluargaan dan silaturahmi antara sesama anggotanya tetap terjaga. Selain itu, Cafe Rusuh juga memberikan kebebasan kepada para anggotanya untuk berbagi tentang segala hal seperti puisi, cerita, esai, tips-tips dan info-info yang bermanfaat bagi para anggotanya.

Rabu, 13 Juli 2011

ACR: Renata

by Boneka Lilin



     “” Ragash…!!!”
            “ Bisa ga sih manggilnya ga usah pake toa? Kuping gue masih divonis normal sama dokter THT!”
            Ough…., Nata, cewek imut yang punya api dendam membara yang lagi berkobar – kobarnya sama tuh cowok jutek jadi mengkeret juga ngedenger sederetan kalimat pedes yang dilontarin “ SETAJAM SILET “, Eh, kayak kenal deh, slogan siapa yah? Sebodo amat lah!
            “ Apaan?” Ragash inisiatif buat nanya duluan setelah diliatnya cewek itu malah sibuk gigitin kuku – kuku jarinya.
            “ Ngng… eh… anu, itu… eh… apa ya???” Duuhh… Nata makin menciut nih, gimana bisa ngomong coba kalo belom – belom udah digerimisin pelototan a la Deddy Corbuzier.
            Ragash malah melengos pergi saat Nata masih merangkai kata – kata. Begitu sadar, Nata langsung kaget karena punggung Ragash udah hampir menghilang ditikungan koridor yang menghubungkan antara toilet dan kelas mereka dijurusan bahasa.
            “Ragaaash!!!” Jeritan Nata menggema diseantero sekolah. Tapi dia ga peduli, udah kepalang tanggung pikirnya. Nata berlari kecil kearah Ragash.
            “ Sssttthhh….!!!” Ragash meletakkan telunjuk diantara dua bibirnya yang merah padat, saat Nata ngasih tanda mau buka mulut lagi.
            “ Sabtu sore gue jemput lo!” Lanjutnya lagi sambil balik badan.
TUHAAAN… ternyata bener gossip itu… Jerit Nata dalam hati saat tau kalo cowok kanibal bertitel playboy itu akan merekrut dia menjadi santapan dinner selanjutnya setelah Rinai, Rosita, Risha, Rebecca dan seabrek nama – nama cewek bergelar cihuy lainnya dia lepehin dalam kondisi mengenaskan.
            “ Gue gak mau!” Katanya cepat, sebelum Ragash sempat beranjak.
            “ Apa?” Ragash berbalik sambil memicingkan mata. Seolah – olah pernyataan Nata itu sesuatu yang tabu untuk didengarnya.
Mama… Nata atuuutt…
Sumpah deh, tatapan sinis mata elang yang ternaungi alis tebal itu jadi berkali – kali lebih nyeremin dari tatapan Madame Markonah, guru le francais waktu ngegape Nata yang lagi ngebet – ngebet modul pas UTS kemaren, SEREM!
Tapi, seolah gak mau kalah, Nata ngumpulin segenap keberaniannya buat ngelawan tatapan itu.
            “ Gue gak mau lo jemput, gue gak mau pergi sama lo!” Katanya dengan nada yang dibuat setenang mungkin.
            “ Alasannya?” Tanya Ragash tetap dingin sambil menyilangkan kedua tangannya didepan dada.
            “ Gue ada acara!” Jawabnya tegas, “ Malam mingguan!” tambahnya lagi dengan memasang tampang penuh kemenangan.
Ragash malah terkekeh mendengar jawaban si mungil itu.
            “ Hei, gue udah nyuruh orang buat mantau lo selama tiga minggu, dan hasilnya gue tau kalo lo gak pernah kemana – mana setiap sabtu sore. Jadi, ga ada alas an buat lo nolak ajakan gue!” Tuturnya santai dan terkesan meremehkan sambil mengacak – acak rambut Nata, sebelum akhirnya pergi ninggalin TKP.

***

            “ Napa lo, Na? muka lo lupa disetrika ya? Ampe berlipet – lipet gitu?” Tanya Hesty, BFF-nya Nata pas lagi breakfast dikantin.
            “ Hemhh… luluh lantah deh gue, Hes. Persendian pada lemes,tulang – tulang kayak dipretelin…” Jawab Nata lesu sambil mencomot satu bakwan dengan gerakan slow motion, biar terkesan dramatis maksudnya.
            “ Apaan sih lo? Lebai amat!” Tanggapan Hesty acuh tak acuh.
            “ Serius, Hes…. Kayaknya gak lama lagi gue bakal punya gelar didepan nama gue.” Tuturnya masih dramatis.
            “ Lagu lu! Sekolah aja belom tamat, pake ngayal mau punya gelar segala!”
            “ Gue serius Hesty Yuliarni!”
            “ Ok… Ok… emangnya kapan lo mau pergi?”
            “ Pergi? Lo ngusir gue?” Nata agak tersinggung.
            “ Lah… apanan tadi lo sendiri yang nyap – nyap bakalan dapet gelar bentar lagi, kalo yang lo maksud gelar sarjana sih gak bakalan mungkin. Pilihan satu – satunya ya naik haji, iya kan?”
Nata meringis.
            “ Bukan itu maksud gue, dodol!”
            “ So…?” Hesty masih kurang antusias.
            “ Gelar yang bentar lagi bakal gue sandang itu… adalah…” kata – katanya sengaja dibuat patah – patah, mirip orang yang lagi ngumumin hasil kejuaraan. “ In memoriam!” Tandasnya.
Hesty yang lagi nyantap soto ayamnya sampe keselek.
            “ Lo serius?” Tanyanya setelah meneguk es jeruk yang sekarang tinggal seperempat gelas.
            “ Yeph…!” Jawab Nata lesu campur pasrah.
            “ Ehemm… gue turut berduka cita ya. Friend…” Katanya tulus sambil memandang lurus kewajah Nata dengan tatapan prihatin.

***

            “ Hai!” Sapanya dingin.
            “ Ha… Hai!” Nata kaget bukan kepalang, ternyata omongan Ragash bukan sekedar isapan jempol. Buktinya, tepat jam 5 sore si jangkung itu udah menjulang didepan pintu rumah Nata.
            “ Mau ngapain?” Tanyanya polos sambil tetap berdiri diambang pintu.
            “ Kita kemaren udah bikin janji, gue harap lo ga lupa itu.” Jawab Ragash sambil melirik rambut Nata yang terlilit handuk karena baru aja beres keramas.
            “ What, KITA? Lo aja kali, gue males!”
            “ Ok, gue kasih lo waktu 15 menit buat siap – siap!” Vonis tuh cowok gak mau buang waktu.
            Ragash cepet memotong saat Nata ngasih tanda mau protes.
            “ Dari sekarang!” Tandasnya lebih terkesan seperti perintah.
            Bagai terhipnotis, Nata langsung tergopoh – gopoh mempersiapkan diri. Gak lama kemudian, dia balik lagi, seperti lupa akan sesuatu.
            “ Eh, lo masuk dulu deh, duduk. Mau minum apa?”

            Ragash yang masih berdiri diteras hanya mengangguk sambil tersenyum geli.

***

            “ Woy, lo sebenernya mau nyulik gue kemana sih?” Tanya Nata setengah berteriak setelah duduk diboncengan Honda CS-1 milik Ragash.
            “ Heh, kerajinan amat gue nyulik lo, ga bakal ada yang mau nebus. Yang ada lo justru malah nyusahin gue!” Jawab Ragash sambil sesekali nengok ke arah Nata yang lagi diboncengnya.
            “ Whatever you say, deh! Tapi kita mau kemana nih? Udah setengah jam jalan ga nyampe-nyampe juga!” Dengus Nata agak kesal.
            “ Sabar dikit kenapa sih, bawel!”
            Awgghh…. Dasar judes, jutek, cuek, bebek!!!
            Kalo gue ada darah turunan vampir Cullens sih, gue gigit juga leher lo! Batin Nata semakin jengkel.
            “ Woy, berhenti dulu!” Teriak Nata begitu dilihatnya ada pom bensin ga jauh dari situ.
            “ Mau ngapain?” Tanya Ragash curiga.
            “ Mother nature is calling!” Tandasnya sambil turun dari boncengan dan cepet-cepet lari ke area pom, sementara Ragash mengekor dibelakangnya.
            “ Nata!”
            “ Apaan?”
            “ Jangan lama-lama dan coba-coba buat kabur!”
            Huuhhh…. Nata mendengus.

***

            “ Kita dimana nih?” Tanya Nata setengah linglung sambil ngerjap-ngerjapin mata.
            “ Lap dulu tuh iler lo! Diajak jalan malah tidur, dipundak gue lagi!” Sungut Ragash.
            “ Kita dimana?” Ulang Nata tanpa menggubris ocehan Ragash, sambil turun dari boncengan.
            “ Bukit bintang, Gronggong.” Jawabnya sambil memarkirkan motor.
            “ Udah gelap banget, jam berapa nih?”
            “ Sembilan.” Jawab Ragash sambil berlalu.
            “ HAH…??? Jam sembilan? Aaaa…. Gawat nih, gue bisa diomelin mama, gue mau pulang sekarang!” Rengek Nata sambil terus berusaha mensejajari langkah-langkah lebar Ragash.
            “ Jangan ngaco deh! Ini baru nyampe, masa udah mau balik lagi!”
            “ Tapi nasib gue gimana ntar? Bisa-bisa mama masukin gue ke perutnya lagi”
            “ Lebai! Udah ga usah takut, gue udah SMS Hesty, biar ntar dia yang nelfon mama lo, bilang kalo lo mo nginep dirumahnya.” Jelas Ragash.
            “ Tapi gue ga mau disini, gue mau pulang, udah malem banget tau!” Nata tetap bersikukuh.
            “ Ikut gue, gue mau nunjukin sesuatu yang bakal bikin lo ga nyesel udah gue bawa kesini.” Kata Ragash sambil menarik tangan Nata.

***

            “ Wow…. Kerreeenn…. Gue berasa lagi nonton bioskop yang layarnya super gede, it’s memorable!”
            Nata terus mengoceh takjub dengan pemandangan didepannya, Ragash tersenyum puas karena itu.
            “ Gila… Kok gue baru tau ya kalo di Majalengka ada tempat sekeren ini…” Lanjutnya penuh semangat.
            Ragash mengernyitkan dahi.
            “ Hey, lo ga nyadar kalo kita udah masuk wilayah Kuningan?”
            Detik berikutnya, bagai kesamber petir, Nata langsung setel tampang kaget setengah mati.
            “ APA, Kuningan? Berarti kita juga udah ngelewatin Cirebon? Kapan?”
            “ Pas lo ngorok!”
            “ Hah? Gue mau pulang!” Jerit Nata sambil berbalik kearah jalan.
            Ragash cepet nyegah sebelum langkah Nata makin jauh.
            “ Percuma! Lo ga bakal tau jalan pulang, daerah ini juga jarang dilewatin kendaraan, apalagi jam segini!” Jelas Ragash sambil Narik tangan Nata dari belakang.
            “ Lo tuh bener-bener ya, brengsek! Lo udah nyulik gue tau ga!” Nata mulai menangis setelah sadar kalo ga ada lagi harapan buat dia untuk pulang kecuali si kanibal itu mau mengantarnya.
            Ragash yang ga nyangka kalo kejadiannya bakal kayak gini jadi salah tingkah juga.
            “ Hey, gue ga bakal jahatin lo, lo ga usah histeris gitu dong, gue juga bakal tanggung jawab sama lo!” Ragash terus nyoba ngasih penjelasan biar Nata bisa sedikit tenang.
            “ GA MUNGKIN! LO JAHAT SAMA SEMUA CEWEK! GUE BENCI!” Tangis Nata makin menjadi-jadi. Dia takut nasibnya bakal sama kayak cewek-cewek korban Ragash lainnya tanpa bisa ngelakuin perlawanan sedikitpun.
            “ PASTI, Nata, PASTI!” Tegas Ragash sambil merengkuh gadis itu dalam pelukannya. “ Gue ga bakal nglakuin apapun yang bisa nyakitin lo, gue janji!” Lanjutnya sambil membelai Nata yang masih terisak.
            Setelah Nata agak tenang, Ragash memapahnya ke salah satu tempat duduk yang menghadap kearah hamparan lampu-lampu kota Cirebon, yang kalo dilihat dari dataran tinggi Kuningan kayak taburan bintang-bintang. Makanya Ragash pengen ngasih unjuk tempat itu ke Nata, soalnya dia yakin, Nata si pecinta bintang itu pasti suka. Tanpa dia prediksi bakal kayak gini akibatnya.
            “ Udah tenang?” Tanya Ragash sambil nyodorin sebotol soft drink.
            “ Dikit! Tapi gue masih tetep pengen pulang. SEKARANG!”
            “ Nata, lo percaya sama gue, gue pasti jagain lo, gue Cuma pengen nunjukin tempat ini ke lo, ga ada maksud macem-macem.” Terang Ragash lembut.
            “ Kenapa gue musti percaya sama lo?” Tantang Nata.
            “ Karena… Gue sayang sama lo!” Jawab Ragash malu-malu.
            Nata kaget, wajahnya bersemu merah. Tapi dia berusaha menetralisir perasaannya, dia ga mau jadi korban Ragash yang berikutnya.
            “ Gue ga percaya! Gue juga ngelarang lo buat sayang sama gue!” Cecarnya lantang.
            Ngedenger itu, wajah Ragash langsung mengeras.
            “ Lo pikir gue bisa ngendaliin rasa ini apa? Lo pikir ini mau gue buat sayang sama lo? Ini tulus dari hati gue, Na. Dan gue ga bisa ngontrol perasaan ini.” Jawab Ragash murung dan agak emosi.
            Sekarang justru Nata yang salah tingkah, dia jadi ga enak hati udah bikin Ragash murung gitu.
            “ Maaf… Gue Cuma takut aja.” Katanya polos sambil memandang lekat ke manik mata elang cowok itu.
            “ Takut kenapa?” Tanya Ragash membalas tatapan Nata.
            “ Gue takut lo permainin kayak cewek-cewek yang laen.”
            Ragash meringis.
            “ Ternyata lo kemakan omongan orang juga ya!”
            “ Maksudnya?” Tanya Nata ga paham.
            “ Lo tau ga kenapa dulu gue bisa gitu ke cewek-cewek?” Ragash malah balik nanya, Nata menggeleng.
            “ Karena lo!” Tandasnya.
            “ Hah, Gue? Kok lo jadi nyalahin gue gitu sih?” Nata ga terima, dipelototinya Ragash dengan penuh kemurkaan.
            “ Emang kenyataannya.” Ragash tetap tenang.
            “ Emang gue salah apa?” Nata nyolot.
            ” Karena gue ga tau kalo nama lo bukan Nata.” Jawabnya yang membuat kening Nata makin berkerut.
            “ Nama gue emang Nata kok, beneran! Kalo lo ga percaya tanya aja sama mama, dia yang ngasih nama itu.” Terang Nata berapi-api. Ga terima juga dia dituduh memalsukan identitas.
            “ Ok, gue percaya. Tapi yang gue maksud nama lo bukan Cuma Nata.” Jelasnya.
            “ Eh…?” Nata masih ga paham.
            Ragash menghela nafas, pegel juga ngasih penjelasan sama anak Telmi, pikirnya.
            “ Gue baru tau kalo sebenernya nama lo Renata, bukan Cuma Nata, ngerti?”
            “ Ooh gitu….” Nata manggut-manggut. Tapi detik berikutnya dia ngerasa bingung lagi.
            “ Terus hubungannya sama kelakuan lo kemaren apa?” Cecarnya.
            “ Jujur, sejak pertama gue jadi anak baru, gue udah mulai ngerasa suka sama lo.” Aku Ragash malu-malu. “ Tapi gue kecewa waktu tau dari anak-anak kalo nama lo Nata.” Lanjutnya.
            “ Emangnya apa yang salah sama nama Nata?” Tanya cewek langsat itu semakin bingung.
            “ Mungkin in I kedengerannya konyol, tapi ini emang salah satu keyakinan diri gue. Gue Cuma akan bisa nyaman kalo deket sama cewek yang namanya berawalan huruf R, sama kayak nama gue.” Jelas Ragash sambil menerawang jauh, menatap lepas hamparan bukit bintang. “ Dan kayak yang tadi udah gue bilang, gue kecewa karena awalnya gue tau kalo nama lo itu Cuma Nata, makanya gue coba nyari cewek lain yang namanya berawalan huruf R juga, tapi nyatanya ga ada satupun dari mereka yang bisa bikin gue ngerasa nyaman.” Ragash berhenti sejenak dan menatap Nata dengan lembut.
            Ditatap gitu Nata jadi GR juga, dia pura-pura nyari kesibukan dengan menggosok-gosok lengannya. Ragash yang ngira kalo Nata kedinginan malah langsung merangkul tubuh gadis itu dari samping. Nata makin salah tingkah, badannya jadi berasa kaku. Tapi Ragash seolah ga peduli dan tetap menikmati moment kayak gini, yang udah lama dia nantikan.
            “ Mungkin karena itu jugareputasi gue jadi ancur, semua orang ngecap gue playboy.” Tambahnya sambil meremas lembut jemari Nata.
            “ Pardon me!” Kata Nata yang ngerasa jadi bagian dari orang-orang yang ngecap playboy itu.
            “ Sebenernya gue juga ga maksud nyakitin cewek-cewek itu, tapi ini udah nyangkut sama urusan perasaan, gue bener-bener ga bisa ngontrol untuk yang satu itu. Gue ga bisa maksain diri untuk tetep sama mereka, makanya gue terus nyoba buat nyari R yang lain, yang bisa ngasih gue rasa sama kayak yang pernah gue dapetin dari lo.” Tuturnya lagi, lalu mengecup lembut punggung tangan gadis yang ada dipelukannya.
            Deg…….. Nata makin Salting. Dia ngerasa darahnya beku dan badannya ngedadak kaku. Dia belom siap buat dapetin perlakuan kayak gitu.
            “ Na…”
            “ Hhmmm…?”
            “ You are all that I need!” Tegas Ragash, Nata tersipu.
            “ Lo mau ngga…” Ragash ragu-ragu.
            “ Apaan?” Cegat Nata.
            “ Ntar dulu!” Bentak Ragash spontan. Dia emang paling ga suka kalo lagi ngomong, apalagi ngomongin masalah beginian terus ada yang ganggu konsentrasinya.
            Nata menunduk ketakutan. Ragash yang menyadari kesalahannya buru-buru minta maaf.
            “ Hey… jangan cemberut gitu dong!” Godanya sambil menjawil gemas dagu Nata, lagi-lagi Nata tersipu.
            “ Tadi spontan aja, swear!’
            “ Next?” Nata mengingatkan topik awal.
            “ Ok, ehemm…” Ragash berusaha menetralisir kegrogiannya. “ Renata…” lanjutnya sambil memegang kedua pipi gadis itu. “ You’re the most beautiful girl in creation I dream…” Tuturnya serius. “ So, lo mau ga jadi someone special gue?” Lanjutnya sambil menggigit bibir.
            Untuk beberapa saat Nata Cuma bisa melongo. Seolah rohnya lagi menari-nari melambung tinggi ke angkasa. Omigod… Apakah ini mimpi? Gumamnya.
            “ Na, gimana?” Desak Ragash.
            “ Hah…? Ngng… ehemm…” Nata lagi nervous tingkat tinggi nih. Ga lama, anggukan kecilnya menjawab semua kegelisahan Ragash.
            “ I accept your adoration from the bottom of myheart…” Tambahnya.
            “ Renata… Gue bener-bener bahagia.” Ungkap Ragash sambil memeluk gadisnya dengan erat. “ I most be faithful to the last!” Janjinya setelah sebelumnya mengecup lembut kening Nata.
            “ I believe in you…” Nata tersipu, wajahnya bersemu merah, kolaborasi antara kaget, malu, seneng dan banyak lagi.
            “ Honey… accept me for what it’s worth!” Tambah Ragash sambil mengecup pipi kanan gadis yang selama ini diincarnya.
            “ Ok, lo juga ya…!” Balas Nata sambil mengecup pangkal hidung Ragash.
Keduanya hepi berat, dua kutub maghnet yang berlawanan itu akhirnya bisa disatuin juga..
Bottom of Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar